Mengapa Kita Sering Mengantuk Setelah Makan?

Banyak orang yang merasa sulit untuk tetap terjaga setelah mereka mengonsumsi makanan dengan jumlah yang banyak. Ini adalah hal yang umum, namun tidak banyak yang tahu bagaimana itu bisa terjadi.

Mengapa Kita Sering Mengantuk Setelah Makan?

Bagi anda yang penasaran, kali ini admin akan memberikan sedikit penjelasan tentang mengantuk setelah makan.

Siklus pencernaan

Bernafas tanpa anda sadari membutuhkan energi dari makanan. Ketika anda mengonsumsi makanan, sistem pencernaan akan memecahnya dan mengubahnya menjadi energi. Proses pencernaan memicu beberapa respon tubuh. Selama proses ini berlangsung, tubuh memproduksi cholecystokinin (CCK), glukagon, dan amylin untuk meningkatkan rasa kenyang. Gula darah Anda naik, mendorong produksi insulin yang membantu transfer gula dari darah Anda ke sel-sel Anda untuk dijadikan energi. Proses ini juga memicu pelepasan serotonin – hormon yang menyebabkan kantuk. Hormon lain yang dapat menyebabkan ngantuk adalah melatonin. Meskipun pencernaan tidak melepaskan melatonin, namun hormon tersebut dapat dipengaruhi oleh makanan.

Makanan yang dikonsumsi

Sistem pencernaan memperlakukan semua jenis makanan dnegancara yang sama. Namun setiap makanan tampaknya mempengaruhi tubuh anda secara berbeda. Makanan berprotein tinggi sepeti ayam kalkun, bayam, kedelai, telur, keju, tahu, dan ikan mengandung tryptophan. Tubuh anda menggunakan asam amino ini untuk menciptakan melatonin – yaitu hormon tidur yang disebutkan tadi. Buah ceri dapat meningkatkan kadar melatonin anda, sementara karbohidrat menyebabkan fluktuasi gula darah dan mineral pada pisang membuat otot anda menjadi rileks. Secara bersamaan, makanan tersebut memicu rasa kantuk.

Untungnya, jika anda ingin tetap terjaga, beberapa makanan berikut dapat membantu, termasuk sayuran, gandum utuh, dan lemak sehat yang diketahu dapat meningkatkan enegeri seseorang. Hidrasi yang cukup, asupan gula rendah, makanan yang lebih kecil dan sering juga dapat membantu anda tetap terjaga.

Pola tidur

Jika anda tidak tidur nyenyak, anda tentu lebih mudah mengantuk setelah makan. Ketika anda kurang tidur, tubuh anda mencari peluang untuk mengimbanginya. Setelah makan, anda mungkin kenyang dan santai. Tubuh anda mengambil kesempatan dan mendesak anda untuk mendapatkan tidur yang anda butuhkan. Untuk menghindari tertidur setelah makan, anda harus tidur nyenyak terlebih dahulu. Namun, jika tubuh anda bersikeras untuk tidur walaupun hanya sebentar setelah makan siang, anda harus memberikan sedikit jeda waktu agar proses pencernaan berjalan baik.

Kondisi kesehatan

Dalam beberapa kasus, mengantuk setelah makan dapat menjadi tanda peringatan masalah kesehatan. Penderita diabetes, anemia, tiroid yang kurang aktif, penyakit celiac, intoleransi makanan, dan sleep apnea sering mengalami kantuk setelah makan. Jika anda sering mengantuk setelah makan, anda harus mengunjungi dokter untuk mengetahui penyebabnya.

baca juga:

posted by: obatmaagqnc.com

Mengapa Kita Sering Mengantuk Setelah Makan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *