Manfaat Tomat sebagai Anti Inflamasi dan Pembunuh Kanker

Manfaat Tomat sebagai Anti Inflamasi dan Pembunuh Kanker – Tahukah Anda bahwa diyakini lebih dari 7.500 spesies tomat yang berbeda ditanam di seluruh dunia saat ini? Anda mungkin pernah mendengar sebelumnya, secara botanis, tomat sebenarnya buah dan bukan sayuran. secara teknis mereka dianggap berry, walaupun anehnya undang-undang di Amerika Serikat yang telah ada sejak 1800-an mengklasifikasikannya sebagai sayuran.

Tomat memiliki sejarah panjang sejak ribuan tahun sampai sekitar 500 SM. di Meksiko, di mana mereka merupakan tanaman pangan pokok untuk suku Aztec dan dimakan bersama kacang dan jagung.

Manfaat Tomat sebagai Anti Inflamasi dan Pembunuh KankerTomat adalah salah satu dari makanan antiinflamasi yang mudah digunakan yang untungnya juga terasa enak. Menurut Departemen Ilmu Pangan di North Carolina State University mengenai studi tentang nutrisi tomat, “Tomat adalah sayuran terlama dan paling banyak dikonsumsi di seluruh negeri dan merupakan sumber lycopene, beta-karoten, folat, potasium, vitamin C , flavonoid, dan vitamin E. ”

Fakta Nutrisi Tomat

Tomat (yang memiliki nama ilmiah Solanum lycopersicum) adalah anggota keluarga sayuran nightshade yang disebut Solanaceae, yang juga mencakup sayuran seperti paprika, terong dan kentang. Mereka dianggap sebagai makanan antioksidan tinggi dan salah satu sumber fitonutrien terbaik di dunia yang disebut lycopene, yang terkait erat dengan peningkatan kekebalan dan pengurangan risiko kanker. Meskipun kebanyakan orang berkorelasi dengan likopen tomat berwarna merah, hal ini diyakini hadir dalam jumlah yang sama dalam tomat kuning, hijau atau oranye organik.

Likopen yang ditemukan pada tomat memiliki efek menguntungkan yang sangat baik untuk menekan pertumbuhan sel kanker. Orang dewasa dengan kanker yang telah berpartisipasi dalam penelitian, umumnya menunjukkan tanda-tanda regresi kanker dan keganasan tumor dengan suplemen dosis tinggi likopen. Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika suplemen lycopene diberikan kepada pria yang sudah memiliki kanker prostat yang ada, lycopene membantu mengurangi ukuran tumor dan menghentikan penyebaran sel kanker.

Sementara lycopene yang paling banyak diteliti dalam manfaat nutrisi tomat dan pencegahan kanker prostat, ini juga bermanfaat untuk melawan jenis kanker lainnya. Bukti kuat menunjukkan bahwa asupan lycopene yang lebih tinggi dapat membantu melindungi terhadap kanker paru-paru, perut, usus besar, sistem pencernaan, payudara dan serviks. Selain itu, tomat menyediakan banyak bentuk antioksidan dan berbagai macam vitamin, selain potasium dan fosfor.  baca juga : Gamat Emas Kapsul

Dalam satu Buah Tomat memiliki sekitar :

  • 22 kalori
  • 1 gram protein
  • 3 gram gula pasir
  • 5 gram karbohidrat
  • 1 gram serat
  • 6 miligram vitamin C (26 persen DV)
  • 1025 miligram vitamin A (20 persen DV)
  • 7 miligram vitamin K (12 persen DV)
  • 292 miligram potasium (8 persen DV)
  • 1 miligram mangan (7 persen DV)
  • 1 miligram vitamin B6 (5 persen DV)
  • 4 miligram folat (5 persen DV)

6 Manfaat Nutrisi Tomat

1. Sumber Kaya Anti Oksidan dan Anti Kanker

Beberapa studi dalam dekade terakhir telah menemukan bahwa orang yang makan lebih banyak tomat cenderung tidak menderita kanker prostat, yang merupakan bentuk kanker paling umum pada pria. Tomat yang dimasak sangat bermanfaat untuk melawan kanker karena setelah dimasak (terutama dengan sumber lemak, seperti minyak zaitun), sumber kaya akan antioksidan karotenoid yang disebut lycopene menjadi lebih banyak tersedia.

Sebagai obat kanker alami, para periset telah mengetahui tentang efek peningkatan kekebalan dari makanan yang mengandung lycopene selama beberapa dekade. Sebuah Studi pada tahun 1990an yang dilakukan oleh Harvard University Medical School menemukan bahwa pria yang mengkonsumsi banyak tomat memiliki risiko kanker prostat jauh lebih rendah daripada yang tidak makan tomat. Beberapa pria tersebut makan sebanyak 10 porsi seminggu (atau lebih) tomat – termasuk jus tomat, saus tomat dan tomat mentah. Setidaknya lima penelitian mendukung penurunan risiko kanker prostat 30 persen sampai 40 persen yang terkait dengan konsumsi tomat atau lycopene yang tinggi. baca juga obat herbal Khusus Kanker : Walatra Zedoril 7

Baru-baru ini sebuah laporan besar yang diterbitkan oleh Royal Victoria Hospital dan McGill University of Montreal menyelidiki 11 studi kasus kontrol dan 10 studi kohort tentang penggunaan tomat, produk tomat atau likopen untuk pencegahan kanker; Mereka menemukan bahwa tomat, terutama saat dimakan dalam jumlah tinggi, menawarkan perlindungan yang signifikan.

Dan selain lycopene, nutrisi tomat mengandung berbagai phytochemical kuat lainnya yang dapat membantu melawan penyakit kronis. penelitian menunjukkan bahwa asam fenolik yang ditemukan pada tomat memiliki potensi untuk melawan kanker paru-paru karena kemampuannya menghambat terbentuknya senyawa nitrosamine dalam tubuh. baca juga : Obat herbal Khusus kanker walatra zedoril 7

2. Sebagai Anti-inflamasi

Warna dalam tomat adalah indikasi yang baik dari tingginya kandungan antioksidan untuk peradangan – Tomat secara khusus dikenal memiliki trio antioksidan yang disebut zera-karoten, phytoene dan phytofluene yang biasa ditemukan dalam buah dan sayuran yang berwarna cerah. Ini efektif untuk membantu menurunkan peradangan penyebab penyakit dan dengan demikian memperlambat penyakit terkait usia seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, artritis dan penurunan kognitif.

Namun, perlu diingat bahwa pengolahan tomat dapat secara signifikan mempengaruhi bioavailabilitas nutrisi anti-inflamasi ini. Homogenisasi, panas tinggi / memasak, dan penggabungan minyak dalam tomat olahan menyebabkan bioavailabilitas lycopene meningkat. sayangnya, pada saat yang sama, proses ini dapat menyebabkan pengurangan nutrisi alami lainnya yang signifikan. Inilah sebabnya mengapacara yang tapat untuk makan tomat adalah secara mentah atau dimasak secara teratur. baca juga : Walatra Berry Jus

3. Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung

Antioksidan tomat, terutama lycopene, diketahui dapat melawan kerusakan radikal bebas dan dengan demikian melindungi jantung dari stres oksidatif. Ini memberikan perlindungan yang berkaitan dengan penyakit jantung – yang merupakan penyebab kematian nomor satu di A.S dan banyak negara lainnya. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa pengobatan dengan ekstrak tomat kaya antioksidan juga dapat mengurangi tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol secara alami dan memperbaiki kesehatan pembuluh darah.

Dalam sebuah penelitian baru-baru ini, orang dewasa sehat menelan lycopene dalam bentuk jus tomat, saus tomat, dan kapsul gel lunak selama satu minggu memiliki tingkat kolesterol LDL yang secara signifikan lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsinya. Kemungkinan mekanisme untuk tomat memperbaiki kesehatan jantung meliputi degradasi LDL yang meningkat, ukuran dan komposisi partikel LDL, menguragi pembentukan plak, dan fungsi pembuluh darah yang berubah.

Peneliti memahami bahwa banyak nutrisi yang ditemukan di tomat sebagian berfungsi secara individual, tetapi juga bekerja sama dalam banyak hal untuk melindungi sel-sel lipoprotein dan sel vaskular dari oksidasi. Misalnya, lutein yang ditemukan pada tomat juga bisa membantu mencegah atau memperlambat penebalan arteri.

Oksidasi adalah teori yang paling banyak diterima untuk pengembangan aterosklerosis, atau pengerasan dan penebalan arteri yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. Tomat juga merupakan sumber potasium yang baik, dan dapat membantu mencegah masalah tekanan darah karena asupan kalium rendah. baca juga : Obat Herbal Gastritis

4. Membantu Melindungi Kesehatan Mata

Senyawa pelindung yang disebut lutein hadir dalam tomat, dan sangat sehat untuk mata Anda. Lutein sering diteliti berkaitan dengan kesehatan mata karena melindungi retina mata yang kita butuhkan untuk penglihatan sehat. Retina sangat rentan pada usia tua karena kerusakan radiasi sinar UV jangka panjang dan stres oksidatif dari faktor lainnya. Di antara banyak karotenoid yang ada di dalam tubuh, hanya lutein dan zeaxanthin yang ditemukan di bagian mata di mana cahaya difokuskan oleh lensa, disebut makula lutea.

Penelitian menunjukkan bahwa lutein pada tomat mungkin bertindak seperti pengobatan degenerasi makula alami. Perlu diingat bahwa degenerasi makula adalah penyebab utama kebutaan pada orang dewasa yang lebih tua. Bagi orang yang tidak berisiko tinggi mengalami degenerasi makula, makan tomat hanyalah cara yang baik untuk membantu memperbaiki penglihatan dan mencegah katarak atau kerusakan jaringan mata yang serius. baca juga Obat herbal Mata : Walatra Sehat Mata

5. Merawat Kesehatan Kulit

Ketika harus melawan kanker kulit dengan makanan, tomat harus berada di urutan teratas daftar Anda. Tomat adalah makanan vitamin C yang sangat baik, dan vitamin C sangat penting untuk menjaga kekebalan, elastisitas, penampilan dan corak kulit menjadi lebih tua. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa vitamin C pada tomat paling banyak terkonsentrasi pada zat mirip gel yang mengelilingi biji tomat – jadi berhati-hatilah untuk tidak membiarkannya terbuang sia-sia saat anda memotongnya.

Tomat ‘lutein juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Lutein secara alami hadir dalam penelitian kulit dan hewan telah memberikan bukti perlindungan lutein yang signifikan terhadap kerusakan kulit akibat sinar matahari atau kanker kulit, terutama dari panjang gelombang ultraviolet. baca juga : Obat Cacar Air

6. Membantu Melindungi Kesehatan Tulang

Baru-baru ini lycopene dikaitkan dengan kesehatan tulang yang lebih baik, terutama pada orang tua. Sebuah studi yang menyelidiki efek dari sumber makanan lycopene dalam makanan wanita yang lebih tua menemukan bahwa mereka yang kekurangan asupan lycopene yang signifikan berisiko tinggi terhadap penyakit terkait tulang dan kemungkinan osteoporosis. baca juga : Cara Menyembuhkan Asam urat

Inilah sebabnya mengapa tomat dan makanan yang mengandung likopen lainnya direkomendasikan sebagai bagian dari makanan pengobatan anti penuaan. Tomat juga merupakan sumber nutrisi yang baik seperti mangan, fosfor dan vitamin K untuk membangun tulang sehat. baca juga : Obat herbal sakit pinggang

Efek Samping Tomat

Meskipun tomat penuh dengan manfaat, ingatlah bahwa mereka adalah sayuran nightshade yang dapat memperburuk kondisi kesehatan beberapa orang. Tomat hijau mengandung zat yang disebut solarnine, yang mungkin memberatkan orang-orang dengan kondisi seperti arthritis atau beberapa penyakit terkait autoimun lainnya. baca juga : Jelly Gamat Walatra

Banyak profesional kesehatan menasihati orang-orang dengan gejala arthritis yang menyakitkan untuk menghindari nightshades, walaupun ada yang mengatakan bahwa manfaat melakukan hal ini akan sangat bervariasi tergantung pada toleransi seseorang yang sebenarnya – jadi tidak selalu perlu melakukannya. Tomat juga biasanya dihindari oleh orang-orang dengan gerd, atau gangguan refluks lainnya seperti mulas karena kadar asamnya lebih tinggi.

Nah itulah penjelasan mengenai Kandungan Tomat sebagai Anti Inflamasi dan Pembunuh Kanker dari Obat Maag yang bisa kami kutip. mohon maaf jika ada banyak kata yang salah, tapi semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih. baca juga : Khasiat QnC Jelly Gamat

www.obatmaagqnc.com

Manfaat Tomat sebagai Anti Inflamasi dan Pembunuh Kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *