Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Bagi mereka yang akrab dengan masakan Asia dan India, jahe bukanlah bumbu masakan yang aneh. Jahe sering digunakan dalam berbagai masakan tradisional. Disisi lain, jahe telah digunakan selama berabad-abad untuk mengatasi masalah kesehatan. Jahe mengandung nutrisi dan senyawa bioaktif yang memiliki manfaat besar bagi tubuh dan otak. Nah langsung saja, berikut adalah 5 manfaat jahe yang paling umum untuk kesehatan.

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

1. Mengobati mual dan muntah

Jahe telah terbukti efektif dalam mengatasi mual akibat beberapa penyebab.

  • Untuk pasien kanker yang menjalani perawatan kemoterapi, mengunyah jahe mentah atau minum teh jahe dapat meredakan mual dan muntah setelah operasi.
  • Untuk morning sickness pada wanita hamil, menggunakan jahe dalam bentuk pelega tenggorokan atau permen dapat mengurangi terjadinya mual dan muntah.
  • Untuk penyakit laut, jahe sudah lama digunakan untuk mengurangi gejala mual. Banyak penelitian menunjukkan bahwa itu mungkin memiliki efek yang sama seperti obat resep.

2. Mengurangi rasa sakit dan nyeri otot

Sebuah studi memperkirakan bahwa konsumsi jahe setiap hari dapat mengurangi nyeri otot yang diinduksi dari latihan hingga 25%. Studi lain dilakukan pada orang yang berlatih latihan siku menunjukkan bahwa konsumsi harian 2 gram jahe dalam 11 hari terbukti mengurangi rasa sakit otot secara signifikan. Efek jahe dalam mengurangi nyeri otot bersifat progresif, yang berarti dampaknya akan menjadi semakin besar dari hari ke hari.

Selain itu, jahe diduga dapat meringankan kram saat menstruasi dan gejala lain yang menyertainya. 83% wanita yang mengkonsumsi kapsul jahe dalam penelitian mengatakan bahwa gejala nyeri mereka membaik sementara hanya 47% dari mereka yang menggunakan plasebo melaporkan hal yang sama.

3. Membantu meredakan osteoartritis

Jahe memiliki efek anti-radang yang dapat membantu mengelola osteoarthritis, yaitu suatu masalah kesehatan yang cukup umum. Osteoarthritis adalah kondisi muskuloskeletal yang berkaitan dengan degenerasi sendi di tubuh. Pasien dengan osteoartritis sering mengalami nyeri dan kekakuan sendi. Mengambil ekstrak jahe dipercaya membantu pasien mengurangi rasa sakit dan membatasi penggunaan obat pereda nyeri. Selain itu, cara alami dari campuran jahe, damar wangi, kayu manis dan minyak wijen dapat mengurangi rasa sakit dan kekakuan bagi pasien dengan osteoarthritis.

4. Membantu mengatasi masalah pencernaan

Jahe telah terbukti membantu mengatasi gangguan pencernaan kronis yang disebabkan oleh Gastroparesis/pengosongan lambung. Jahe dipercaya membantu mempercepat proses pengosongan lambung, menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Senyawa fenolik yang ditemukan dalam jahe juga dapat membantu menangani masalah pencernaan lainnya, dengan cara mengurangi iritasi gastrointestinal, merangsang produksi air liur dan empedu, dan menekan kontraksi lambung dan pergerakan makanan di saluran usus.

Selain itu, jahe juga diduga menghambat bakteri seperti Salmonella, yang menyebabkan diare.

5. Membantu mencegah flu biasa

Menggunakan jahe dapat berkontribusi pada penghambatan rhinovirus, yang dapat menyebabkan flu biasa. Cara yang baik untuk menjaga tubuh Anda hangat selama cuaca dingin adalah dengan minum secangkir teh jahe hangat. Jahe bersifat diaphoretic, yang artinya merangsang tubuh berkeringat. Berkeringat dapat menghangatkan tubuh dari dalam; dengan demikian, ini membantu mencegah perkembangan dingin.

Selain jahe, disini kami punya sebuah produk herbal yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, yaitu QnC Jelly Gamat. baca selengkapnya disini: QnC Jelly Gamat

baca juga: Penyebab insomnia

posted by: http://www.obatmaagqnc.com

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *