Manfaat Buah Kiwi untuk Kolesterol

Orang dengan kolesterol tinggi sangat peduli tentang apa yang seharusnya dimakan dan tidak boleh mereka makan. Biasanya, penderita kolesterol tinggi harus menjalani diet ideal dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung gandum, kacang, kedelai, dan sterol yang memang membosankan jika dikonsumsi setiap hari. Kabar baiknya adalah ada banyak makanan lain yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan rasanya enak, yaitu buah kiwi.

Manfaat Buah Kiwi untuk Kolesterol

Bukti ilmiah

Sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam “International Journal of Food Sciences and Nutrition” mencatat bahwa makan dua kiwi sehari dalam sepuluh minggu dapat secara signifikan menurunkan tingkat LDL (kolesterol buruk) serta meningkatkan tingkat HDL (kolesterol baik). Para peneliti tersebut juga menyimpulkan bahwa mengonsumsi kiwi dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Studi lain yang diterbitkan pada tahun 2013 dalam “British Journal of Nutrition,” menunjukkan bahwa dengan menambahkan dua kiwi ke diet harian dapat menurunkan jumlah kolesterol keseluruhan dan meningkatkan HDL mereka.

Fakta tentang kiwi

Lemak jenuh

Lemak jenuh adalah faktor utama yang mempengaruhi jumlah LDL dalam tubuh kita. Mengkonsumsi makanan yang rendah kadar lemak jenuh dapat menurunkan kolesterol. Dan, kiwi berukuran 5 sentimeter memiliki 0,36 gram lemak, dengan hanya 0,02 gram lemak jenuh. Jumlah ini kurang dari 1% dari batas yang direkomendasikan untuk orang dewasa pada diet 2.000 kalori.

Serat

Serat makanan, terutama serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Setelah dikonsumsi, serat larut menyerap air dalam sistem pencernaan untuk membentuk gel kental. Lapisan gel ini mencegah usus menyerap kolesterol. Dalam satu buah kiwi, terdapat sekitar 0,7 gram serat larut dan total 1,7 gram kandungan serat secara keseluruhan. Jumlah ini setara dengan setengah cangkir kale yang dimasak, satu cangkir seledri mentah atau 3 sendok makan bibit gandum.

Bagaimana cara menambahkan kiwi ke diet harian dengan benar?

Dalam perubahan Gaya Hidup yang disarankan oleh NIH, jika seseorang ingin menurunkan kadar kolesterol dalam darahnya, diet hariannya harus mencakup 2 hingga 4 porsi buah segar, beku, atau kering atau kalengan (jenis bebas gula lebih disarankan). Satu porsi kiwi sama dengan setengah secangkir irisan kiwi segar atau kiwi berukuran sedang.

Anda dapat memotongnya menjadi potongan-potongan kecil, campur dengan yogurt rendah atau non-lemak untuk sarapan yang lezat atau kombinasikan dengan sayuran lain atau cukup nikmati sebagai makanan penutup yang sehat setelah makan malam.

baca juga:

posted by: obatmaagqnc.com

Manfaat Buah Kiwi untuk Kolesterol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *