Bahaya Radang Usus Besar

Bahaya Radang Usus Besar – Kolitis ulseratif ( radang usus ) merupakan kondisi kronis yang harus anda waspadai, ini bukan penyakit yang mengancam jiwa, tetapi ini adalah kondisi serius yang dapat menyebabkan beberapa komplikasi berbahaya yang bisa mengancam jiwa, terutama jika anda tidak mendapatkan perawatan yang tepat.

Bahaya Radang Usus BesarKolitis ulseratif adalah salah satu bentuk penyakit radang usus, dimana ada penyakit radang usus terkait lainnya termasuk penyakit Crohn yang merupakan peradangan seluruh bagian usus, perbedaanya jika kolitis ulseratif hanya menyebabkan peradangan di lapisan dalam rektum dan usus besar saja.

Radang usus besar biasanya terjadi ketika sistem kekebalan tubuh mengalami masalah atau dikenal dengan sebutan autoimun, dimana sistem kekebalan tubuh secara keliru juga menyerang sel-sel baik pada usus. akibatnya usus mengalami peradangan dan luka akibat sistem kekebalan tubuh itu sendiri.

Radang usus besar sangat bisa diobati, dan orang-orang yang memiliki kondisi tersebut memiliki harapan hidup yang maksimal. namun, komplikasi dapat meningkatkan risiko kematian. radang usus yang sangat parah dapat mempengaruhi harapan hidup anda, terutama dalam beberapa tahun pertama setelah didiagnosis.

Komplikasi Radang Usus Besar

Bahaya Radang Usus Besar – Radang usus tidak berakibat fatal, namun risiko jika terkena komplikasi bisa berakibat sangat fatal, bahkan bisa menyebabkan kematian. beberapa komplikasi radang usus besar tersebut meliputi:

  • Pembekuan darah
  • Kanker kolorektal
  • Perforasi gastrointestinal, atau usus berlubang
  • Pendarahan hebat
  • Megacolon beracun
  • Osteoporosis
  • Primary sclerosing cholangitis

Dari beberapa komplikasi diatas yang paling serius adalah megacolon beracun. Ini adalah pembengkakan usus besar yang bisa menyebabkannya pecah. ini biasanya terjadi hanya 10% dari para penderita radang usus besar. Tingkat kematian dari megacolon beracun berkisar antara 19% sampai 45%. Risiko kematian lebih tinggi jika usus pecah dan tidak segera diobati.

Lubang di usus juga berbahaya. Bakteri dari usus Anda bisa masuk ke perut Anda dan menyebabkan infeksi yang bisa mengancam jiwa, ini disebut sebagai peritonitis.

Primary sclerosing cholangitis adalah komplikasi langka namun termasuk dalam komplikasi serius. Ini menyebabkan pembengkakan dan kerusakan pada saluran empedu. Saluran ini membawa cairan pencernaan dari hati ke usus Anda. Bekas luka membentuk dan mempersempit saluran empedu, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan hati yang parah. Pada waktunya, Anda bisa mengalami infeksi serius dan gagal hati, dan masalah ini juga bisa mengancam jiwa.

Kanker kolorektal juga merupakan komplikasi serius berikutnya. Antara 5% hingga 8% orang dengan radang usus besar dapat mengembangkan kanker kolorektal dalam waktu 20 tahun setelah diagnosis Kolitis ulseratif. komplikasi ini sedikit lebih berisiko terhadap orang yang tidak menderita Kolitis ulseratif, yaitu antara 3% sampai 6%. Kanker kolorektal bisa berakibat fatal jika sudah menyebar ke bagian lain tubuh Anda. baca informasi selengkapnya tentang Radang Usus Besar dan Cara Mengobatinya : Cara mengobati Radang Usus Besar

Apakah Kolitis ulseratif atau Radang Usus Besar dapat disembuhkan?

Bahaya Radang Usus Besar – Kolitis ulseratif berbeda-beda pada setiap penderita, tapi kondisi ini biasanya akan dialami seumur hidup serta tanda dan gejala nya bisa datang dari waktu ke waktu. dalam beberapa kasus bahkan ada yang tidak mengalami gejala apapun.

Secara keseluruhan, sekitar setengah dari orang dengan radang usus besar akan mengalami kambuh, bahkan jika mereka sedang dirawat. Jika Anda tidak mengikuti perawatan apapun, maka tingkat kekambuhan Anda bisa mencapai 70 persen.

Pengobatan radang usus besar akan lebih mudah jika peradangan terjadi hanya di area kecil usus besar anda, namun jika peradangan sudah menyebar ke bagian lainnya maka kondisi ini bisa lebih parah dan sulit untuk diobati.

Jika sudah sangat parah, maka salah satu cara untuk menyembuhkan Kolitis ulseratif atau radang usus besar adalah dengan operasi pengangkatan usus besar dan rektum, Ini disebut proctocolectomy. Setelah usus besar dan rektum diangkat, maka risiko komplikasi pun jauh lebih rendah. namun cara ini tetap saja membuat penderita menjadi khawatir dengan risiko lain akibat pengangkatan organ tubuh yang sudah diambil. baca juga : Cara mengobati ginjal bengkak

baca juga :

Posted by admin : obat maag

Bahaya Radang Usus Besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *