8 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

8 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan – Selamat datang di situs kesehatan www.ahlihnyaobatmaag.com. Mengenal Buah Nanas, nanas adalah buah tropis yang rendah kalori, lezat dan kaya akan nutrisi baik untuk kesehatan tubuh. nanas ini banyak digunakan di berbagai penjuru dunia sebagai obat alami untuk mengobati berbagai masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan hingga untuk mengatasi alergi.

8 manfaat buah nanas untuk kesehatanBanyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari buah nanas adalah karena memiliki kandungan antioksidan seperti vitamin C, B1, potasium dan mangan yang cukup tinggi, selain itu masih banyak kandungan lainnya yang membantu mencegah datangnya penyakit.

Nanas diisi dengan fitonutrien yang bekerja sebagai obat untuk mengurangi beberapa gejala penyakit dan kondisi umum yang banyak terjadi saat ini. manfaat yang bisa kita dapatkan dari nanas termasuk perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular, meningkatkan kesuburan, mengatasi peradangan, dan masih banyak lagi. untuk lebih lengkapnya berikut manfaat buah nanas untuk kesehatan:

8 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Meningkatkan Sistem Imunitas

Nanas mengandung vitamin C yang sangat baik untuk tubuh. Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air yang berperan dalam menjaga kesehatan jaringan ikat tubuh sekaligus berperan sebagai antioksidan.

Sebagai antioksidan itu memiliki kemampuan untuk mensintesis kolagen, yang merupakan protein utama dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan organ tubuh. Vitamin C yang ditemukan di nanas juga bisa membantu mengatasi masalah kulit, seperti kulit terbakar sinar matahari atau kulit kering dan teriritasi. baca juga obat herbal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh : QnC Jelly Gamat

Kandungan Serat yang Tinggi

Buah yang mengandung serat tinggi biasanya dapat menurunkan risiko kanker kolorektal. selain itu, serat juga bisa menurunkan kadar glukosa darah. dalam datu buah nanas bisa mengandung sekitar 13 gram serat. karena kandungan seratnya yang cukup tinggi, salah satu manfaatnya adalah bisa mencegah sembelit dan mampu mengatur sistem pencernaan agar tetap sehat.

Meningkatkan Kesuburan

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan dapat membantu mencegah ketidaksuburan. Karena radikal bebas dapat merusak sistem reproduksi, maka makanan dengan aktivitas antioksidan tinggi seperti nanas dapat melawan radikal bebas dan ini direkomendasikan bagi wanita / pria yang mengalami masalah tersebut. baca juga : Cara mengatasi Infeksi Payudara

Antioksidan dalam nanas, seperti vitamin C, beta karoten dan mineral lainnya, termasuk tembaga, mempengaruhi kesuburan pria dan wanita. Antioksidan telah terbukti membantu meningkatkan aliran darah dan mengembalikan pembentukan jaringan yang tepat pada organ genital, dan juga kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan jumlah sperma.

Mencegah Kardiovaskular

Nanas mendukung kesehatan jantung karena memiliki kandungan serat, potassium dan vitamin C. Satu studi menemukan bahwa salah satu manfaat jus nanas memiliki kemampuan proteksi kardio, seperti yang terlihat pada penelitian yang dilakukan pada tikus. Studi tersebut menyimpulkan bahwa jus nanas dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan dapat membantu pembentukan pencernaan dan penyerapan.

Asupan kalium yang tinggi juga terkait dengan penurunan risiko stroke, perlindungan terhadap hilangnya massa otot, pelestarian kepadatan mineral tulang dan pengurangan pembentukan batu ginjal.

Buah yang tinggi potassium juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Nanas membantu mengurangi peradangan yang berbahaya dan memulihkan tekanan darah sehat karena kandungan antioksidannya. baca juga : Obat Herbal Hipertensi

Nanas juga membantu meningkatkan kesehatan jantung karena efek enzim bromelain yang kuat, yang dapat melawan pembekuan darah dan merupakan jawaban alami bagi orang yang mengonsumsi aspirin sehari untuk menurunkan risiko serangan jantung. Bromelain telah terbukti menghentikan trombosit pada darah menempel atau terbentuk pada sepanjang dinding pembuluh darah – kedua hal tersebut diketahui menjadi salah satu penyebab serangan jantung atau stroke.

Mencegah Asma

Beta-karoten yang ditemukan pada buah-buahan seperti nanas dapat membantu menurunkan risiko perkembangan asma. Racun, nutrisi buruk, polusi, penyalahgunaan antibiotik dan stres memainkan peran besar dalam perkembangan asma. Semua faktor ini menyebabkan peradangan, namun untungnya salah satu manfaat nanas adalah bisa mengurangi kemampuan detoksifikasi.

Meningkatkan Mood

Salah satu manfaat nanas adalah dapat membantu meningkatkan mood dan melawan depresi/kecemasan. Nanas adalah sumber yang baik dari triptofan asam amino, yang digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan serotonin yang cukup,( salah satu “hormon bahagia” utama kita ). Mengkonsumsi cukup asam amino ini, selain nutrisi lain seperti vitamin B, penting untuk dukung sistem syaraf Anda, untuk energi, dan untuk produksi hormon mood yang baik.

Membantu Melawan Kanker

Pada tahun 2007, para periset menerbitkan artikel terobosan di Plant Medical Journal tentang bromelain nanas yang ditemukan jauh lebih efektif daripada obat kemo tradisional yang digunakan dalam pengobatan kanker.

Dalam tes yang merawat kanker pada hewan, bromelain ditemukan lebih efektif daripada 5-fluoracil (5-FU) bila dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak diobati. 5-FU telah digunakan dalam pengobatan kanker selama lebih dari 40 tahun, namun masalah utamanya adalah membunuh atau merusak secara ireversibel sel sehat dan jaringan serta kanker.

Bromelain tidak hanya ditemukan lebih efektif namun juga berkali-kali lebih aman dari 5-FU. Senyawa alami, seperti bromelain, memiliki sitotoksin selektif dan mereka mampu membunuh sel kanker dalam proses pembilasan diri yang disebut apoptosis, sekaligus membiarkan sel sehat tidak terluka.

Sitotoksitas adalah bila ada sesuatu yang beracun bagi sel tertentu, dan bromelain hanya berfokus pada sel kanker. Tidak ada obat yang diobati dengan FDA yang disetujui di pasaran masih dapat meniru proses ini karena zat beracun kemoterapi seperti 5-FU tidak berperilaku seperti senyawa alami. baca juga : Obat Kanker Kelenjar Getah Bening

Mengatasi Peradangan

Manfaat nanas memiliki kemampuan untuk membantu mereka yang menderita radang sendi dan nyeri sendi, karena bromelain yang hadir dapat mempercepat penyembuhan yang terkait dengan prosedur pembedahan. Hal ini juga sangat berguna untuk mengobati luka akibat olahraga termasuk keseleo dan bisa membantu mengatasi rasa sakit.

Bromelain bekerja pada peradangan dengan menghambat metabolit yang menyebabkan pembengkakan. Ini juga berfungsi untuk mengurangi pembengkakan dengan mengaktifkan zat kimia dalam darah yang memecah fibrin, sehingga dapat mengurangi pembengkakan.

Baru-baru ini sebuah penelitian dilakukan terhadap 100 tikus yang menderita kolitis, radang usus besar, dan hasilnya menunjukkan bahwa suplementasi makanan jangka panjang dengan jus nanas beku segar atau yang tidak dipasteurisasi dengan enzim bromelain aktif aman dan secara efektif menurunkan tingkat keparahan inflamasi.

Studi lain dilakukan pada pasien yang menderita sinusitis, yaitu radang sinus paranasal. Hal ini dapat disebabkan oleh infeksi, alergi atau masalah autoimun. Studi tersebut menunjukkan bahwa bromelain yang ditemukan pada nanas menyebabkan pemulihan yang jauh lebih cepat daripada terapi standar. baca juga : Obat Infeksi Lambung

Demikian informasi yang bisa Obat Maag berikan tentang 8 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan. Semoga bermanfaat.

baca juga :

8 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *